Iklan

Senin, 01 Agustus 2011

Apa yang Membuat Sebuah Komik Menarik untuk Dibaca

Well, beberapa hari ini aku telah membaca komik-komik online hasil dari kerja keras para komikus Indonesia. Dan juga membaca 2 artikel di dalam situs komikoo.com tentang cara membuat komik yang bagus dan menarik.

Kesimpulan yang bisa saya dapat adalah bahwa di dalam komik ada beberapa unsur yang HARUS, ingat, saya bilang HARUS dimiliki di dalam sebuah komik.

Yaitu, penokohan, cara bercerita, cerita itu sendiri, dan yang terakhir gambar yang cocok dengan cerita.

Baiklah, saya mau menjelaskan satu per satu hal diatas, tapi secara singkat saja...

1. Penokohan. Menurut artikel yang saya baca, penokohan merupakan hal paling penting untuk sebuah komik. Pada realitanya, memang dalam setiap cerita, entah itu pewayangan, sinetron, film Hollywood, ataupun film Bollywood, semuanya memiliki yang namanya Tokoh Utama! Jadi, pembaca itu ingin bisa merasakan, atau berempati terhadap tokoh yang ada di cerita tersebut. Ok, penjelasan habis, titik.
2. Cara bercerita. Pernah dengar yang namanya cinematografi? Ya, kalau sudah baguslah, saya tak harus menjelaskannya panjang lebar lagi. Tapi bagi yang belum, oke deh saya kasih tahu aja (kasian). Pernahkah Anda menonton Transformers atau Harry Potter (yang lagi trend-trend nya nih sekarang) ? Dalam film-film itu pasti ada beberapa adegan yang 'WAH!'. Padahal ya, kalau dilihat dari behind the scene nya, jelek amat. Biasa, garing, cupu, kayak ngeliat orang boker diatas toilet duduk dengan cara jongkok. Karena angle kamera nya yang mantap, makanya bisa jadi seru..gitu. Lalu, dari segi teknik cara menceritakan...seperti ada opening, problems, problem solving --- or, perkenalan, klimaks, anti klimaks.. Yah, pinter-pinter si pengarang buat ngebawa suasana si pembaca (Ini kenapa bahasa nya jadi gak baku lagi?)
3. Cerita. Oke, satu kata, unik. Jangan sama dengan yang sudah pasaran. Kalau bisa buat yang "waw.. saya tak pernah terpikirkan cerita seperti ini..." Kayak gitu lah. Boleh sih yang sudah umum, tapi itu menuntut cara bercerita yang sangat bagus.
4. Gambar. Don't jundge the book by its cover adalah kutipan yang salah besar. Di dunia ini, yang namanya penampilan itu pasti selalu nomor satu. Mau cari jodoh, liat fisik/penampilan calon. Mau lamar kerja, liat penampilan, rapih apa nggak. Selalu. Makanya kalau mau bikin komik yang laku jangan mengajukan komik dengan gambar yang nggak ada bedanya sama coretan anak TK yang ngegambar pake kaki pas lagi kentut.

Oke, cukup sekian, dan terima kasih. Apabila ada salah kata, mohon maaf yang sebesar-besarnya =)

2 komentar:

  1. wow nice... thx :) numayan buat nambah ilmu ^^

    BalasHapus
  2. thanks buat infonya gan,, good job...

    http://acemaxstradisionalonline.blogspot.com

    BalasHapus