Iklan

Selasa, 16 Agustus 2011

Diary - 2

Yo, Oktober tanggal 31 adalah deadline gue untuk submit karya/komik untuk kompetisi tingat internasional yang diadakan oleh Kodansha. Ya, untuk tahun ini berarti sudah menjadi kompetisi kelima yang diadakan oleh mereka. Dan aku baru tahu kalau kompetisi itu ada pada tahun ini -_-", tidak apa-apa :D Ayo semangat !!
Ini link-nya :
http://morningmanga.com/micc/rule_e.html

Kemarin-kemarin gue penasaran sama juara-juaranya, 'kayak apa sih karya yang bisa menang penghargaan itu?' Setelah membaca hampir semua komik mulai juara 1-3 dari kompetisi paling pertama sampe yang keempat, gue dapet kesimpulan bahwa mereka mempunyai kesamaan di suatu sisi, yaitu cerita yang menyentuh. Ya, kenapa bukan 'gambar yang luar biasa bagusnya, atau apa lah gitu?' Hal ini terbukti kok dengan salah satu karya yang berhasil menduduki peringkat kedua dengan gambar yang dibawah rata-rata. Tapi kelebihannya itu gambarnya konsisten. Dan paling tidak masih bisa dimengerti. Tidak abstrak total yang sampai-sampai tidak jelas bedanya kaki dengan pantat.O.O
Well, aku berniat mengikuti kompetisi ini. Ide sudah ada di kepala. Cuma masih SANGAT AMAT BINGUNG bagaimana aku harus menceritakannya dengan batas 50 halaman, padahal ceritaku sepertinya lumayan panjang.

Ceritanya kurang lebih seperti ini:

One time, a guy who lived in england really wanted to have someone to be loved and cared. But before his wish came true, he died. He was in the afterlife then. But, God gave him an oppurtunity to come back in the world as a curious spirit (spirit who has desires that haven't reached when they lived ). So, he took the oppurtunity instead of going to the next afterlife (like heaven or hell thing)
When he was sent to the world once more he was sent to Indonesia :):). It was at some street. He saw a girl, about 18 years old. He was 20. He was melted by her beauty. So he followed her home.
Short story he began to introduce himself to the girl. At the first time the girl was surprised. But then she was getting used to it. They became friends. Since the guy was a spirit, he could speak any language by God's permission.
The guy had feeling to this girl,but the girl didn't. But he didnt really mind it as long as he could be friends with her.

One day the girl had to go to college in English literature. Since the guy was from england, he helped her. By the time the girl began to like him.
And then the conflict began. They both fall in love each other. But when he was talking to God back then, God said, "you can be a human once more if you will have found your love. But, you and your lover will loose your ability to speak(silent)."
The guy explained everything to the girl. They both were in such a dilemma. Whether they should forget each other, or he come back to live again and become lovers but can not talk to each other.
In the end, they chose to become lovers. So the guy become alive again. But suddenly the girl coudlnt speak, the guy too. But after a while, they both can speak. Then the God whispered to him, "I lied to you to test your measure of love and bravery to take action for your love. Now, you have passed the test."
And so they had a happy ending.


Kenapa bahasa Inggris? :D Adalah karena tu tulisan co-pas an dari chattingan gue sama orang Turki. Kami ketemu di omegle.com dan abis itu berteman di Facebook. Dia baik banget, dia bahkan mau curhat tentang cowok ke gue. Ya gue ladenin aja. Lama-lama jadi terbiasa chatting, walau gue juga ngerasa agak kurang enak kalau keseringan. Jadi ya sekali-sekali aja chatting nya. Kemarin gue chatting ya gue cerita ke dia soal mau ikutan lomba itu, dan begitulah gue nyusun kata-katanya :D

Kembali ke topik awal, sekarang gue bingung banget, lagi nyari inspirasi, makanya gue nulis di blog ini siapa tahu langsung muncul wangsit dari Tuhan. Gue bingung banget, soalnya dalam ngebuat sebuah cerita apalagi cerita pendek, itu harus bikin effect yang mendalam pada pembaca. Harus ada feeling yang disampaikan. Apa yang jadi amanat nya dan bagaimana perasaan para tokoh harus tersampaikan dengan jelas. Selain itu, konsep cerita harus unik. Kalau soal konsep gue lumayan pede. Cuma gue sama sekali ga ngerti dan belum berpengalaman dalam menyusun script/naskah cerita. Gimana caranya bikin yang ga maksa tapi menegangkan. Rasanya cerita gue datar aja. Gue bingung, apa sih yang harus ditambahin waktu lagi cerita? Sumpah bingung. Duolu waktu gue google-ing gue pernah nemu artikel bahwa cara bercerita itu harus lebay walaupun aslinya biasa aja. Tapi seolah-olah perasaan tokoh itu luar biasa terguncang gitu. Sebenernya gue ga suka kalau harus cerita dengan lebay, rasanya ga logis. Jadi gimana ya? :D Bingung~:D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar