Iklan

Senin, 22 Agustus 2011

Politik di Indonesia

Gue ga mau terlalu banyak ngomong yang sok tahu tentang politik di Indonesia, karena gue juga ga gitu ngerti sebenernya.. Cuman, ada satu kesan gue (yang kayaknya jadi kesan kebanyakan orang juga): POLITIK IS LICIK. I don't know why but, kayaknya begitu... Sekarang lagi heboh-hebohnya ngebicarain Nazaruddin. Ada yang bilang bahwa kasusnya adalah kasus yang direncanakan, untuk membuat suatu konspirasi demi kepentingan kelompok tertentu. Ada yang bilang Presiden SBY terlibat dengan kasus tersebut. Gue gak tahu dan ga mau tahu. Gue bukannya mau apatis, tapi, FOR GOD'S SAKE, WHY PEOPLE IN THE POLITICS CAN'T BE TRUTHFUL?

Contohnya, korupsi. Ya cukup satu kata dari serapan bahasa asing itu yang menjadi perhatian utama di negeri ini. Padahal, pejabat sudah punya gaji gede-gede, kenapa sih mesti malingin duit rakyat lagi? Apa mereka tak punya cita-cita memajukan negeri ini? Apa mereka sangat egois? Gue suka chatting dengan orang asing di www.omegle.com dan disana gue nemu orang-orang dari berbagai belahan dunia, berbincang-bincang mengenai berbagai macam hal. Yang bisa gue tarik sebagai kesimpulan adalah, bahwa ga ada bedanya antara orang-orang di Negara manapun. Kita sama-sama punya kemampuan yang setara. Gimana ngasih contohnya ya, misalnya kemampuan bahasa Inggris..kemampuan gue dan orang-orang dari negara non-bahasa Inggris lainnya hampir ga ada bedanya. Terus gue tanyain tentang gaya hidup mereka. Yah, itu agak beda ya di setiap negara. Yang jelas, secara genetik orang Indonesia gak kalah. Intinya, kita juga bisa jadi negara maju.

Tapi, kenapa susah sekali untuk mewujudkannya? Kita berkutat pada konflik politik dan tidak memperbaiki sarana-sarana (seperti transportasi) dan juga penemuan-penemuan. Kurangnya pendidikan yang merata, pembangunan yang tak merata. Kehidupan hedonis di Jawa Barat, tapi ketinggalan zaman di timur negara ini. Gue gak tahu siapa yang harus disalahin. Mungkin kita semua harus berhenti untuk saling menyalahkan. Mungkin kita semua harus bertindak dan melakukan apapun yang bisa kita lakukan kini untuk kemajuan negeri ini.

Gue sedih ngeliat orang Amerika Serikat yang anak mudanya sangat terfasilitasi dengan berbagai macam sarana pengembangan bakat dan kreatifitas, sedangkan di sini, lapangan baseball umum aja ga ada di kota gua. Taman kota aja ga ada. Intinya, menurut gue negara ini agak berlari di tempat. Politik aja terus yang ga ada habisnya....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar