Iklan

Kamis, 23 Juni 2011

Technopreneurship atau Multimedia-Marketing ?

Tadi sore jam 3 ada sosialisasi masalah penjurusan di kampus. Semuanya jadi bingung bahkan ada yang kesal sebab penjelasan tentang pengertian kedua penjurusan itu di awal dan pada kelanjutannya jadi terbalik. Gue datang dengan telat 40 menit bersama 5 orang teman, lalu langsung mengambil bangku yang tersimpan di lemari. Setelah duduk, gue dengerin si Ibu Lia ngejelasin tentang Techno itu gimana, dan MM(Multimedia marketing) itu gimana. Apa-apa aja poin-poin perbedaannya.

Secara garis besar yang bisa gue ama temen-temen tangkap dan sepakati bersama adalah bahwa techno lebih ke membuat lapangan kerja baru. Orang yang bisa punya ide inovatif yang kira-kira bakal laku dijual ke pasaran nantinya itu lebih cocok masuk ke Techno. Dan satu lagi, orang Techno itu juga harus jago manajemen. Makanya katanya bakal dibekalin ama mata kuliah manajemen yang lebih banyak daripada anak MM.
MM itu lebih menjurus ke desainer sejati. Jadi kalo lo jago ngembangin desain yang ide-nya udah tersedia (dari anak Techno) maka lo cocok di MM.

 Dua-duanya punya kelebihannya masing-masing.
Techno: Bisa jadi bos dari usaha rintisan sendiri. Lebih punya jiwa bisnis, yang dibekali dengan pengetahuan dan skill desain. Jadi lebih ke membuat bisnis desain yang inovatif.
MM: Lebih ke pengembangan desain yang telah ada. Lebih ke mendesain. Tapi ga dibekali sama pengetahuan manajemen.

Jadi, orang Techno memepekerjakan orang MM. Silakan pilih penjurusan yang lebih cocok untuk Anda (yang kuliah di kampus yang sama dengan saya). Tapi, untuk yang tidak, tapi juga kuliah di bidang desain, dari artikel saya ini bisa ditarik kesimpulan bahwa seorang desainer bisa memilih dua alternatif dalam dunia kerja. Yaitu dipekerjakan, atau membuat usaha/bisnis sendiri berbasis desain. Contohnya usaha butik, Distro, atau merchandise, dll. Lagipula, jika telah berlatarbelakang pendidikan desain, maka untuk memasarkan produk Anda maka Anda sudah tak memerlukan desainer lagi. Anda bisa mendesain pamflet Anda sendiri, bisa mendesain banner, iklan flash, logo produk Anda sendiri, dan lain sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar