Iklan

Minggu, 20 Januari 2013

Susahnya ngepasin suara dengan beat

Jadi ceritanya aku mau nyoba rekaman bareng bang rizky. Dia yang buat beat-nya, dan aku yang bikin lirik sama nge-rap. Awalnya, dia yang ngajak. Sebenernya dia udah pernah ngajakin aku sekitar dua tahun lalu. Tapi waktu itu dia ngajak buat bikin komunitas beat. Yah, aku nggak terlalu suka bikin musik, cuma tertarik sama bikin lirik sih aslinya.Terus, jalan setahun..dua tahun. Aku ketemu website yang situsnya itu buat battle rap. Pas banget soalnya aku emang lagi pengen belajar ngerap. Dari situ aku mulai belajar kalau dalam bikin lirik itu ada beberapa aspek yang bisa menjadi penilaian terhadap jelek atau bagusnya lirik kita. Misalnya, ada istilah multies, yaitu artinya jumlah suku kata yang bisa bersajak. Misalnya, 'kata' dan 'bata' itu dua suku kata yang mirip kedengarannya (homofon). Tapi kalau misalnya 'nasionalis' dan 'rasionalis' itu berarti 4 suku kata. Kemudian ada juga istilah metaphore, itu adalah permainan arti dalam ngerap. Seperti mengibaratkan sesuatu dengan sesuatu yang lainnya. Hal itu juga jadi nilai plus. Lalu ada istilah wordplay, artinya permainan kata-kata. Abis itu ada lagi punchlines, ini yang biasanya jadi penentu kemenangan seseorang, dan bukan lagi multies. Punchline artinya kata-kata terakhir dari bait untuk mendapatkan respon dari pendengarnya. Misalnya seperti 'woooooow!','OMFG!','What the F*ck?!", dan sebagainya. Disini kita menjadikan bait terakhir kita, yang juga bersajak, menjadi seperti tinjuan untuk lawan. Yang terakhir adalah vocabularies, atau dengan kata lain kosa kata yang kita pergunakan.

Kembali ke yang tadi pas bahas bikin rekaman... Jadi, bang rizky emang udah dari lama bikin-bikin beat. Udah 4 tahun. Dan beat dia juga banyak. Bisa cek di " riztrouble.reverbnation.com ". Dan kita pakai beat dia yang ini https://soundcloud.com/rizky-ikhlas-irfanda/breaker .

Dan ini lirik yang aku buat:


I’m scary like / the LOCHNESS MONSTER.
I ride a roller coaster shooting ALL / THE MOBSTERS.
You got / to be scared of THE MONSTROUS
Words and words i / spit like / enormous / FALLEN STARDUST.

When you / challenge me / i NEVER RECKON
Beating you up / only takes SEVEN SECONDS
My punch / is the HARDEST
 Gonna FUCK him ‘up THIS’ / stupid motherfucking choked ARTIST

Once you know me/ you gonna RETIRE
 Imma make you / like have no DESIRE
You getting panic like your ass is on FIRE
You betta suicide / oh, I give you MY WIRE

 Reff:
My rhymes are my attractions
My lines got my affection
You’re mine in my next action
With nine in my next section

Bitch, You can't be TOO-DARE-TO-TRICK-ME.
With my glare your eyes will shut the second YOU-START-TO-STARE-ME.
I’m the reincarnation of TUPAC AND BIGGIE
So give me the respect that YOU’VE GOT TO GIVE ME


Emang masih belum sempurna, tapi akan aku perbaikin. Susahnya nge-pasin nyanyinya sama beatnya. Ada dua jam baru aku bisa nyanyiin bait pertama. 24 jam aku di kosannya kak rizky dan hasilnya baru baris pertama yang baru kerekam. Sisanya masih kacau.

Ternyata nge-rap itu s-u-s-a-h

1 komentar:

  1. How to Play on Slots by Microgaming - Casino Roll
    Slots by Microgaming is an w88 exciting 브라 벗기 and entertaining slot game. Play with real money 실시간 바카라 사이트 or cryptocurrencies, 해외배당흐름 then make a 골인 벳 먹튀 deposit of at least £10.

    BalasHapus